Tips Sederhana Merawat Cincin Tunangan Agar Tetap Berkilau Sepanjang Hari

By | September 11, 2017


Tunangan adalah suatu ikatan cinta agar salah satu pasangan menjaga hubungannya sampai hari pernikahan tiba. Berbicara tunangan, saat ini mengenakan cincin tunangan menjadi tradisi wajib bagi calon pasangan pengantin yang mau menikah. Sebab ini menjadi simbol yang menandakan bahwa Anda dan pasangan sudah memiliki ikatan, dan akan segera diresmikan dalam sebuah pernikahan.  Jika sudah mencapai tahap tunangan harapan yang paling besar adalah mendapatkan restu dari kedua orang tua untuk membangun keluarga. Namun kadang kala jeda waktu antara tunangan dengan pernikahan terpaut cukup lama.

Hal ini tentu mengharuskan Anda untuk merawat cincin tunangan tersebut, agar tetap berkilau sampai ke momen pernikahan. Apalagi jika cincin tunangan tersebut dipakai saat aktivitas yang banyak menggoreskan atau cincin tersebut terkena air yang mengandung zat keasaman. Tingkat ketahanan suatu cincin tentu sangatlah berbeda-beda. Tingkat ketahanan yang paling rendah yaitu dari bahan silver atau biasa disebut perak. Ketahanan perak hanya 3 bulan paling lama jika cincin tersebut terkena air keringat atau air yang mengandung keasaman. Solusi agar cincin perak menjadi berkilau lagi dengan cara melapisi nya dengan rhodium.

Nah, berikut kami akan bagikan tips tentang cara merawat cincin tunangan agar tetap berkilau, meskipun sering Anda pakai.

Tips Cara Merawat Cincin Tunangan Agar Tetap Berkilau

1. Jangan Pakai Cincin Anda Saat Melakukan Kegiatan Fisik yang Berlebihan
Saat akan melakukan kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik, sebaiknya Anda tidak memakai cincin tunangan tersebut. Karena jika tetap Anda pakai, sangat rawan terkena benturan dan goresan dari benda-benda keras yang Anda gunakan. Memang tidak semua benturan dan goresan dapat merusak tampilan cincin, hal ini tergantung besar kecilnya benturan atau goresan tersebut. Tapi jika ingin menjaga tampilan kemilau cincin Anda, sebaiknya Anda melepasnya sejenak saat akan melakukan kegiatan fisik tersebut.

2. Rutinlah Membersihkan Cincin Tunangan Anda
Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kemilau cincin tunangan Anda adalah dengan rutin membersihkannya. Nah, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk membersihkan cincin tersebut minimal seminggu sekali. Cara membersihkannya cukup sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri. Namun ada baiknya Anda juga perlu membersihkan cincin tersebut di tempat ahlinya. Apalagi jika Anda sudah mengenakan cincin tersebut lebih dari setahun, maka sangat disarankan Anda untuk membersihkan cincin tersebut di tempat profesional.

3. Simpanlah Cincin Anda di Tempat Yang Tepat
Memilih tempat penyimpanan yang tepat merupakan satu langkah penting untuk merawat cincin tunangan Anda. Sebab hal ini bisa menjaga kemilau serta keawetan dari cincin tersebut. Untuk itu sebaiknya Anda hindari tempat penyimpanan yang lembab dan kotor, sebab hal ini bisa membuat tampilan permukaan cincin menjadi kusam. Sehingga akan menurunkan kilau dari berlian cincin Anda.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga memperhatikan suhu ruangan penyimpanannya. Sebab suhu yang tidak sesuai juga bisa mempengaruhi kondisi permukaan cincin, terlebih mata berliannya yang rawan kusam. Maka jangan simpan di tempat yang bersuhu panas, apalagi pada ruangan yang bersuhu lembab. Carilah tempat yang sesuai. Untuk menjaga keawetan cincin couple, sebaiknya Anda simpan di wadah bawaannya. Jangan sampai cincin tersebut tergeletak di sembarang tempat.

Demikianlah beberapa tips atau cara merawat cincin tunangan agar tetap berkilau sepanjang hari. Atau setidaknya, hingga saat moment pernikahan tiba, cincin tersebut tetap berkilau seperti baru. Silahkan mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *