Sensasi Goa Pindul Dengan Aliran Sungai Bawah Tanah

By | April 1, 2017

goa pindulYogyakarta memiliki destinasi wisata yang sangat banyak dan tak jarang destinasi tersebut menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Tempat favorit yang paling banyak di kunjungi bisa kamu cek di http://wisataku.net/ untuk info detailnya. Salah satunya destinasi wisata tersebut adalah Goa Pindul yang ada yang wajib kamu kunjungi. Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo,Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa pindul adalah gua yang dialiri aliran sungai bawah tanah yang memanjang dari mulut gua hingga ke ekor gua. Goa Pindul dibuka untuk umum sejak tanggal 10 Oktober 2010. Keeksotisan Goa Pindul memang tidak bisa diragukan lagi. Tak heran jika setiap hari ratusan orang pergi ke goa ini untuk bisa menikmati keindahan alam goa. Goa ini memiliki lebar 5 cm dengan kedalaman 5 sampai 12 meter.

Goa Pindul berbeda dengan goa lainnya karena dialiri aliran sungai bawah tanah di sepanjang goa. Goa Pindul punya 3 zona yaitu zona terang, cona zona remang dan zona gelap. Di zona terang kamu bisa melihat keindahan goa dengan mata telanjang. Kamu juga bisa bermain dan berenang. Di zona ini kamu akan melihat gerombolan ikan yang cantk. Di zona kedua yakni zona remang cahaya yang masuk hanya sedikit atau berupa beberapa bagian kecil saja yang memantul di air sehingga kamu bisa merasakan hal yang sangat berkesan ketika berada di zona ini. Terakhir zona gelap, untuk bisa melewati zona ini kamu harus menggunakan alat bantu penerangan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Di bagian tengah Goa Pindul ada ruangan yang agak besar dengan pemandangan yang indah. Disinilah yang menjadi pusat perhatian goa ini karena kamu bisa melihat pemandangan yang dipadu dengan lubang diatasnya sehingga sinar matahari masuk hanya dari celah-celah dan memantul dengan luar biasa indahnya. Masyarakat sering menyebut bagian ini sumur terbalik. Lubang ini sering digunakan TIM SAR untuk berlatih . seperti pada goa umumnya, goa Pindul ini juga punya stalaktit dan stalagmite yang cantik. Yang menjadi beda adalah kapasitasnya. Menurut para peneliti ,Stalaktit dan stalakmit ini diperkirakan usianya sudah berusia ribuan tahun. Dan yang membuat kita patut berbangga adalah ukuran stalaktit di Goa Pindul masuk dalam kategori stalaktit terbesar ke 4 di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *