Pulau Batanta Pesona Alam Kepulauan Raja Ampat

By | Februari 19, 2017

Pulau batanta adalah salah satu dari empat pulau utama yang ada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia. Pulau-pulau lainnya yaitu pulau Misool, pulau Salawati, dan pualu Waigeo. Pulau Batanta sendiri mempunyai luas sekitar 453 km2. Keindahan dari wisata bahari yang ada di Kepulauan Raja Ampat sangat populer bahkan hingga ke mancanegara. Banyak turis asing yang ingin berkunjung ke Raja Ampat terlebih lagi bagi para penyelam. Keindahan alam yang eksotis ini terdapat pada semua pulau di Kepulauan Raja Ampat, termasuk di dalamnya yaitu Pulau Batanta. Untuk menuju ke pulau tersebut, anda harus menggunakan pesawat dengan tujuan Sorong. Dari bandara di kota Sorong anda melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum atau taksi menuju ke pelabuhan. Setelah tiba di pelabuhan anda dapat menggunakan kapal rakyat yang lebih hemat menuju ke Waisai (ibu kota Raja Ampat). Kapal yang berangkat setiap pukul 4 ini menempuh perjalanan selama 2 jam ke Waisai. Setelah tiba di Waisai anda dapat menggunakan perahu motor milik masyarakat setempat atau menyewa kapal menuju ke pulau Batanta.Bagi anda yang ingin melihat pesona keindahan pulau tersebut bisa menghubungi penyedia RAJA AMPAT HOLIDAYS untuk menjadikan destinasi liburan anda.

Pulau Batanta merupakan salah satu dari wisata Raja Ampat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini sudah lama berpenghuni dengan beberapa desa di dalamnya. Desa-desa tersebut yaitu desa Marandanweser dan desa Waiweser dengan penduduknya yang ramah. Di desa tersebut juga tersedia beberapa penginapan yang dapat anda sewa untuk bermalam dengan tarif yang beragam. Jika ingin menghemat anda dapat menyewa rumah penduduk setempat. Di Batanta lingkungannya masih alami dan asri bahkan anda bisa menemukan burung Cendrawasih di hutannya. Pantainya dengan hamparan pasir berwarna putih dan biota lautnya menambah kecantikan dari pulau ini. Biota laut yang dapat anda temukan di sana diantaranya ikan pari besar dan juga terumbu karang yang beragam. Air lautnya yang bersih dan jernih dapat dijadikan sebagai tempat untuk melakukan diving. Titik penyelaman yang menjadi favorit di sana yaitu dimana terdapat bangkai pesawat yang jatuh ketika Perang Dunia ke II.

Selain keindahan bawah lautnya, di Pulau Batanta juga terdapat air terjun. Air terjun Batanta ini terletak di pulau Batanta dengan ketinggian sekitar 10 meter. Di balik air terjun Batanta terdapat sebuah gua kecil yang hanya bisa menampung 5 orang saja. Dari dalam gua anda bisa duduk menikmati keindahan dari balik tirai air dan juga pelangi yang indah. Untuk berkunjung ke air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan speed boat ke sebuah muara dekat desa Arefi. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sungai ke pedalaman sekitar 1 km dari muara. Perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki karena kedalaman sungai yang dangkal. Setelah 10 menit berjalan melewati hutan bakau anda akan menemukan air terjun setinggi 5 meter lalu dilanjutkan dengan melewati bukit yang curam. Setelah itu anda akan menyusuri sungai kembali hingga akhirnya sampai di air terjun Batanta kurang lebih 30 menit. Perjalanan yang melelahkan namun semua akan terbayar dengan keindahan air terjun Batanta yang mempesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *