Menjahit Baju Secara Otodidak

By | Juli 9, 2017

Belajar Menjahit Baju Secara Otodidak

Belajar menjahit baju secara otodidak tidaklah sesulit yang dibayangkan. Meskipun teknik dalam menjahit sangat beragam, namun dengan menguasai teknik dasarnya, semuanya akan dapat dilakukan. Apalagi di zaman modern ini teknologi semakin berkembang dengan adanya mesin-mesin yang dapat mempermudah aktivitas manusia, salah satunya dalam dunia garment ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mengawalinya.

Menjahit Baju Secara Otodidak

  1. Niat

Hal yang pertama kali harus disiapkan adalah niat. Tanpa hal ini, langkah-langkah selanjutnya tidak dapat berjalan. Setelah mantap dengan apa yang akan dikerjakan, komunikasikan hal ini dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga ataupun teman. Hal ini berguna untuk mendapatkan dukungan mereka yang meningkatkan motivasi dalam belajar nantinya.

  1. Waktu Luang

Mungkin hal ini terbilang sulit bila yang melakukannya telah memiliki pekerjaan lain. Namun hal ini penting untuk dilakukan agar proses pelatihan dapat berjalan terus. Lakukan secara rutin, misalnya 2 kali seminggu, 1-2 jam untuk sekali belajar menjahit. Jika memang ada waktu luang, gunakan waktu tersebut untuk menjahit.

  1. Kurikulum

Kurikulum di sini sangat membantu untuk mengatur waktu pelatihan. Sebaiknya, hal ini ditentukan oleh diri sendiri. Sebagai contoh, minggu ini akan belajar mengenai bordiran. Lalu, yang selanjutnya dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Tentukan pula kapan waktu pelatihan ini akan selesai, misalnya dalam waktu sebulan, menjahit bordiran ini sudah dikuasai secara menyeluruh.

  1. Fokus

Banyak yang menyepelekan hal ini dalam belajar menjahit secara otodidak. Nyatanya, hal ini mempengaruhi proses berlangsungnya pelatihan. Fokus akan satu materi yang dilatih, misal berlatih dalam teknik menjahit cara A. Jangan sampai ditengah jalan berpikir bahwa teknik B lebih mudah dan kemudian menggantinya kecara B. Nyatanya, hal ini akan memperpanjang proses pelatihan. Untuk itu, pikirkan matang-matang apa yang akan dipelajari dan fokus akan satu cara setelahnya.

  1. Praktek

Mulailah berkarya. Apapun hasilnya, lakukan secara terus menerus hingga menghasilkan baju yang dirasa terbaik. Untuk memulainya, awalilah dengan teknik yang mudah. Setelah mulai menguasai, tingkatkan levelnya sedikit demi sedikit hingga kepola jahitan yang lebih sulit. Selain itu, proses ini juga memerlukan kesabaran yang cukup tinggi. Tidak ada orang yang mampu menguasai teknik menjahit yang sulit secepat kilat. Jika mengalami kendala, analisa apa yang salah dengan jahitannya, bisa melalui media internet, maupun bertanya pada ahlinya.Jangan lupa mesin jahit yang anda gunakan haers yang bagus ya,,misalkan anda bisa membelinya di toko mesin jahit yang resmi.

Berbagai hal yang telah disebutkan di atas ini akan sangat membantu dalam belajar menjahit secara otodidak. Untuk era yang semakin modern ini, proses pembelajaran akan semakin dimudahkan dengan adanya teknologi smartphone yang turut mempermudah pencarian informasi. Pelatihan juga akan semakin efektif bila juga mendapatkan bimbingan dari ahlinya untuk sekadar memberi saran dan motivasi. Belajar menjahit baju secara otodidak menjadi salah satu cara yang baik untuk meraih kesuksesan.cek juga disini tentang alat jahit lainnya https://www.singerjakarta.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *