Kenali 20 Karakater Wirausaha Sukses Berikut Ini Jika Ingin Berbisnis

By | Februari 3, 2017

Karakater-Wirausaha-Sukses

Anda ingin segera berwirausaha? Tunggu dulu, jangan terburu-buru karena Anda harus mengenal karakter diri sendiri apakah sudah memiliki jiwa kewirausahaan. Memulai usaha itu tidak seperti membuat mie rebus yang prosesnya hanya sebentar. Dibutuhkan kesiapan mental dan juga mindset yang benar.

Jika Anda ingin berwirausaha, maka Anda juga harus memiliki karakter wirausaha. Atau setidaknya Anda berusaha untuk belajar memiliki karakter tersebut, karena pada dasarnya hanya mereka yang punya mindset yang benar tentang kewirausahaan lah yang bisa mengecap kesuksesan. Selain itu, hanya ada pengusaha yang beruntung dan bermodal besar.

Berikut ini adalah 20 karakter wirausaha sukses yang bisa Anda jadikan contoh untuk membentuk mindset seorang wirausahawan,

1. Punya Rasa Percaya Diri Tinggi

Karakter ini jelas kita lihat pada semua wirausahawan. Mereka memiliki kepercayaan diri yang kuat dan tidak mau tergantung pada orang lain.

2. Bertanggungjawab Pada Tugas dan Hasil

Poin ini adalah menyatakan sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang wirausahawan. Mereka bertanggung jawab pada proses kerja dan juga hasil dari pekerjaan mereka.

3. Berani Mengambil Resiko

Semua bisnis pasti punya resiko. Ini sangat berkaitan dengan poin 2 yang tanggung jawab terhadap pekerjaan. Para pengusaha sukses selalu berani mengambil resiko bisnis, tapi tentunya dengan perhitungan yang terukur.

4. Punya Jiwa Kepemimpinan

Tentunya seorang pengusaha harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk mengatur jalannya perusahaan. Bila seseorang tidak memiliki jiwa kepemimpinan maka bisa dipastikan orang tersebut akan sulit atau tidak mampu menjadi seorang wirausahawan.

5. Menjadi Diri Sendiri

Ada banyak orang yang tidak berani menjadi diri sendiri. Bila Anda ingin mengjadi pengusaha yang sukses maka Anda harus menjadi diri sendiri. Anda harus punya ide sendiri, berani menunjukkan sikap, dan mampu melakukan tanggung jawab dengan baik.

6. Berorientasi Pada Masa Depan

Memiliki visi adalah sesuatu yang wajib ada pada diri seorang wirausahawan. Mereka selalu mengetahui apa yang ingin dicapai dan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Itulah alasan mengapa para pengusaha sering membuat perencanaan dan strategi bisnis mereka.

7. Jujur dan Tekun

Sikap jujur dan tekun adalah hal yang selalu memberikan keuntungan pada seorang wirausahawan. Mereka jujur pada diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan para karyawannya. Hal ini berimbas pada orang-orang di sekitarnya, membuat kondisi bisnis mereka menjadi lebih kondusif.

8. Punya Kreativitas Tinggi

Tujuan akan sulit dicapai bila kita tidak punya kreativitas. Selain itu, produk yang laris di pasaran biasanya didukung oleh adanya kreativitas di dalamnya. Bila tidak ada kreativitas, maka peluang sukses akan sulit dicapai.

9. Komitmen dan Etos Kerja

Poin ini masih berhubungan dengan poin 2. Para wirausahawan biasanya selalu berkomitmen pada bisnis yang dijalankan. Mereka tidak pernah setengah-setengah dalam menjalankan bisnis dan akan melakukan upaya yang bisa meningkatkan kinerja bisnisnya.

10. Memanfaatkan Peluang

Para pengusaha selalu tanggap terhadap peluang yang muncul di hadapan mereka. Peluang tersebut akan segera direalisasikan dengan baik dan penuh perhitungan.

11. Tidak Tergantung Pada Orang Lain

Memang ada hal-hal yang tidak bisa dikerjakan tanpa bantuan orang lain. Namun, seorang wirausahawan memiliki cara agar tidak memiliki ketergantungan pada orang lain. Mereka lebih berkreasi dan berinovasi dengan apa yang dimilikinya, dan memaksimalkan kelebihan yang ada padanya.

12. Kemampuan Manajerial

Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang wirausahawan karena menyangkut beberapa pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya. Seorang penguasha bisa membuat perencanaan bisnis, mengorganisasi usaha, memvisualisasikannya, mengelola bisnis dan SDM, mengontrol bisnis, dan mengintegrasikan operasional bisnisnya sehingga berjalan dengan baik.

13. Disiplin Tinggi

Fakta, tidak ada pengusaha yang sukses bila tanpa diikuti disiplin yang tinggi. Berhubungan dengan poin 9, para pengusaha selalu berusaha berkomitmen untuk melakukan segala tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan SOP yang sudah dibuat.

14. Realistis

Para wirausahawan adalah orang-orang yang realistis. Mereka selalu menggunakan logika dan fakta kenyataan dalam tindakan sehari-hari termasuk mengambil keputusan bisnis mereka.

15. Punya Motivasi Tinggi

Semua pengusaha pasti punya motif dalam menjalankan bisnis, misalnya keuntungan tertentu yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai membuat seseorang menjadi terpacu dan berhasrat untuk mendapatkannya. Faktor yang paling mendasar dalam terbentuknya motivasi adalah karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi.

16. Punya Impian

Impian adalah hal yang ingin dicapai oleh seseorang, dan semua pengusaha pasti memilikinya. Impian ini bisa diraih bila seorang wirausahawan juga memiliki visi dan misi ke depan serta kemampuan untuk meraih impian tersebut.

17. Punya Ketegasan

Ketegasan ternyata punya pengaruh besar juga pada keberhasilan seorang pengusaha. Seseorang yang punya hasrat untuk maju, pasti akan disertai dengan energi dan semangat yang membara. Seorang wirausahawan bisa maju bila tegas dalam menjalankan proses bisnisnya.

18. Punya Tekad

Tekad yang bulat akan membuat seseorang tidak mudah patah semangat ketika menghadapi masalah. Inilah yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan bila ingin sukses.

19. Mempunyai Pengabdian

Para pengusaha sukses selalu berdedikasi pada bisnis yang mereka bangun. Dengan dedikasi yang tinggi, semua rintangan yang dihadapi bisa dilalui hingga dapat menggapai tujuan mereka. Bahkan tidak jarang pengusaha mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga untuk sementara demi mencapai tujuan bisnis mereka.

20. Mampu Mengendalikan Emosi

Semua orang pasti memiliki emosi, begitu juga dengan para pengusaha. Seringkali emosi menguasai seseorang sehingga tidak bisa mengendalikan diri terhadap sekitarnya. Seorang wirausahawan harus mampu mengendalikan emosi mereka, baik itu kesedihan, kebahagiaan, ataupun amarah. Tetap tenang dan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai situasi yang berhubungan dengan emosi akan membentuk karakter seorang wirausahawan yang sukses.

Nah, di atas tadi adalah beberapa karakter para wirausahawan yang bisa kita jadikan panutan. Walaupun sekarang ini ada banyak sekali peluang bisnis dengan modal kecil, bukan berarti untuk menjalankannya tidak dibutuhkan karakter seorang pebisnis sukses. Justru para pengusaha kecil seharusnya belajar mengenai karakter para pengusaha sukses agar bisa sukses seperti mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *