Inilah Beberapa Jenis Defibrillator Yang Banyak Ditemukan Di Indonesia

By | Mei 6, 2017

Defibrillator adalah sebuah alat stimulator detak jantung yang bekerja dengan arus listrik bertegangan tinggi. Alat ini sangat dibutuhkan untuk memulihkan pasien yang terkena serangan jantung. Karena ketika stimulasi listrik jantung bisa dipertahankan, maka ritme jantung masih mungkin untuk distabilkan dan dipulihkan secara optimal. Dalam penggunaannya defibrillator bisa digunakan baik secara implan maupun eksternal dan inilah  yang menyamakan antara defibrillator dan pacemaker (alat yang khusus digunakan untuk memacu detak jantung agar stimulasi listrik ke jantung tetap bisa bertahan).

jual defibrillator mindray

Ada beberapa faktor penyebab yang terkadang bisa mengganggu irama atau ritme jantung, yaitu seperti adanya cacat keturunan, blok jantung, faktor usia atau bisa juga karena efek samping yang ditimbulkan dari obat sakit jantung.

Ketika alat defibrillator digunakan untuk membantu para penderita penyakit jantung, maka dalam penggunaannya harus sesuai dosis tidak boleh sembarangan. Beberapa elektroda nantinya akan dipasang disekitar area dinding dada pasien sebagai sarana untuk melakukan terapi energi listrik. Alat defibrillator ada yang sudah dilengkapi dengan EKG dan adapula yang belum, namun secara umum defibrillator dapat dihubungkan dengan EKG monitor. Defibrillator disini akan berfungsi untuk mendeteksi detak jantung terutama pada penderita gagal jantung kongestif.

Defibrillator bukanlah alat kesehatan yang fleksibel jadi dalam penggunaannya tidak bisa ditaruh disembarang tempat tetapi harus ditaruh ditempat khusus seperti ruangan emergency. Namun ada pula yang bisa digunakan pada mobil ambulance untuk melakukan pertolongan pada pasien apabila mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Dari sekian banyak alat defibrillator yang ada saat ini, defibrillator mindray bisa dikatakan merupakan alat defibrillator yang cukup populer dan paling banyak digunakan, selain karena kualitas dan kinerja sudah terbukti untuk menyediakannya pun tidak terlalu sulit karena saat ini sudah banyak toko atau distributor alat kesehatan yang jual defibrillator mindray ini.

Alat defibrillator sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu :

  1. Implan Defibrillator

Implan Defibrillator biasanya digunakan pada pasien yang memiliki resiko tinggi terkena ventricular fibrillation. Pada defibrillator jenis ini rekaman sinyal jantung pasien bisa tersimpan beserta dengan data diagnostik dan riwayat terapi gagal jantung yang pernah dilakukan. Volume yang bisa diketahui pada Implan Defibrillator yaitu tidak lebih dari 70 cc.

  1. DC Defibrillator

Satuan kalibarasi yang digunakan pada DC defibrillator adalah joule atau watt/detik yang merupakan ukuran tenaga listrik di dalam kapasitor dan setara dengan 1,5 dari kapasitansi farad dikalikan tegangan volt kuadrat. Kesuksesan alat jenis ini tergantung dari jumlah energi yang diberikan, energi listrik hanya bisa disalurkan oleh kapasitor dan tersimpan saat hasil kontak defibrillator dengan tubuh pasien telah tercapai dengan baik.

  1. Advisory Defibrilasi

Advisory Defibrilasi mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dan akurat dalam menganalisa EKG serta bisa menyalurkan kejutan secara optimal. Alat ini juga yang bisa memberikan rekomendasi berapa pemberian energi yang sesuai kejutan dari defibrilasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *