Fungsi Dari Infus Pump

By | Februari 9, 2017

Banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu alat infus pump serta berapa harga alat infus pump ini. Infusion pump sendiri merupakan alat kesehatan yang memiliki fungsi utama dalam memberikan cairan ke dalam tubuh baik dalam jumlah kecil maupun besar. Infusion pump dapat digunakan untuk memberi obat maupun nutrisi. Sebagai contoh adalah insulin atau aneka hormon lainnya hingga obat kemoterapi dan antibiotik. Terdapat beragam jenis infus pump yang digunakan dalam berbagai keperluan serta dalam berbagai lingkungan. Pompa infus sendiri akan menanamkan cairan, nutrisi serta obat ke dalam tubuh pasien dalam sistem peredaran darahnya.

harga alat infus pump

 

Jenis-jenis Infus Pump

Terdapat beberapa jenis infus yang diberikan pada pasien. Jenis yang berbeda akan turut mempengaruhi perbedaan harga alat infus pump ini. Pertama ada infus kontinu yang umumnya terdiri dari sebuah pulsa kecil infus dengan isi antara lima ratus nanoliter hingga sepuluh mililiter tergantung dari desain pompa yang digunakan. Tingkat pulsa juga tergantung dari kecepatan infus yang diprogram. Kedua ada infus intermitten yang memiliki laju infus tinggi serta bergantian dengan tingkat infus yang rendah guna menjaga kanula terbuka. Mode ini terutama digunakan dalam mengelola antibiotik serta obat lain yang berpotensi mengiritasi pembuluh darah. Timing pada infus yang satu ini juga telah diprogram secara khusus.

 

Tidak hanya jenis infus yang beragam serta mempengaruhi harga alat infus pump, pompa yang tersedia juga memiliki beragam jenis yang berbeda-beda. Beberapa model pompa menawarkan mode yang memungkinkan jumlah infus dapat ditingkatkan atau juga dikontrol berdasarkan hari. Hal ini terutama akan berguna untuk pemberian jenis obat tertentu yang membutuhkan siklus tersendiri. Kelas dasar pompa sendiri ada dua macam. Pertama adalah pompa dengan volume besar di mana bisa memompa solusi nutrisi dalam jumlah cukup besar guna memberi makan pada pasien. Kedua adalah pompa volume kecil yang khusus digunakan untuk memompa hormon dan obat-obatan tertentu.

 

Beberapa pompa juga secara khusus dirancang sebagai pompa portabel. Sementara jenis pompa yang lainnya dirancang untuk menjadi pompa yang digunakan di dalam rumah sakit. Pompa volume besar sendiri biasanya dirancang dengan bentuk khusus yaitu pompa peristaltik. Pompa ini memiliki bentuk yang klasik serta menggunakan rol yang dikendalikan oleh komputer dalam mengompresi tabung dari silikon karet yang digunakan untuk mengalirkan obat. Bentuk lain dari pompa ini yang umum ialah seperangkat jari di mana jari-jari ini akan menekan tabung dengan gerakan yang berurutan. Sementara pada pompa yang bervolume kecil, akan digunakan komputer dalam mengendalikan motor guna memutar sekrup yang berfungsi mendorong torak jarum suntik. jualĀ infus pump juga dapat berbeda tergantung dari model pompa yang digunakannya.

 

Improvisasi medis yang biasa dilakukan untuk pompa infus adalah menempatkan tekanan darah pada manset di sekitar kantong penampung cairan. Kita bisa mengetahui harga alat infus pump ini di toko alat kesehatan khusus baik secara online maupun offline. Perbedaan harga terutama akan disebabkan oleh spesifikasi yang dibawa oleh tiap produk alat infus hingga merknya. Pemilihan alat infus yang dibeli terutama akan disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Demikian adalah informasi yang dapat diberikan seputar alat infus pump, jenis-jenisnya hingga harganya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, terutama untuk kita yang tengah mencari alat infus pump ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *