Prinsip Kerja Dan Cara Penggunaan Autoclave

By | Maret 21, 2017

Dalam dunia kesehatan berbagai alat kesehatan berperan penting dalam jalannya aktifitas yang berhubungan dengan kegiatan medis. Aktifitas medis erat kaitannya dalam sterilisasi. Hal ini karena alat kesehatan memerlukan kebersihan tinggi.

Hal tersebut berkaitan dengan resiko penularan micro organisme atau bakteri dari suatu alat. Alat dalam dunia kesehatan memiliki peran sangat penting sehingga tetap harus terjaga secara bersih klinis dan steril. Untuk itu memerlukan yang namanya autoclave.

jual autoclave bekas

Apa itu autoclave dan bagaimana prinsip kerjanya ?

Mari kita bahas satu persatu mulai dari pengertian autoclave.  Autoclave adalah alat untuk membunuh bakteri atau micro organisme dengan metode menggunakan panas uap bertekanan tinggi dengan suhu mencapai 121oC. Dengan waktu yang digunakan mencapai 10 sampai 15 menit untuk dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada suatu alat.

Autoclave biasanya digunakan dalam berbagai bidang mulai dari yang paling banyak di bidang kesehatan mulai dari rumah sakit, klinik atau pun puskesmas juga biasanya menggunakan autoclave untuk menstelirkan alat kesehatan lainnya agar terhindar dari micro organisme, bakteri atau pun virus yang menempel pada suatu alat.

Prinsip kerja autoclave atau cara penggunaan autoclave

Menggunakan autoclave memerlukan cara yang benar agar alat ini dapat berfungsi optimal sehingga bakteri atau mikro organisme bisa benar benar hilang dari alat yang akan disterilisasi. Berikut cara penggunaan autoclave :

  1. Sebelum melakukan sterilisasi dengan autoclave pertama harus memeriksa dulu banyaknya volume dalam autoclave. Jika air masih kurang dari batas maka harus ditambahkan sesuai batas ketentuan penggunaan. Pakai air hasil destilasi hal ini dimaksudkan agar terhindar dari kerak dan karat pada autoclave.
  2. Masukan bahan yang akan disterilisasi, jika yang disterilisasi berupa botol yang memiliki tutup ulir maka tutup harus dikendorkan.
  3. Tutup autoclave rapat kemudian kencangkan baud agar tidak ada uap yang dapat keluar. Klep pengaman jangan dikencangkan terlebih dahulu.
  4. Kemudian nyalakan autoclave dengan diatur timmer minimal diwaktu 15 menit dengan suhu 121o
  5. Tunggu sampai airnya sampai mendidih sehingga uap memenuhi kompartemen autoclave sehingga akan terdesak keluar dari bagian klep pengaman. Untuk penghitungan waktunya dimulai dari tekanan saat mencapai 2 atm.
  6. Jika alarm telah berbunyi, tunggu tekanan dalam kompartemen turun hingga suhu sama dengan udara lingkungan sekitar atau jarum pada pressure menunjukan angka nol. Kemudian mulai dari klep pengaman satu persatu dibuka lalu keluarkan isi autoclave secara hati-hati.

Suhu pada autoclave yang bertekanan tinggi tersebut diberikan pada alat yang disterilisasi sehingga memberikan tekanan panas dalam autoclave yang akan membunuh bakteri atau micro organisme yang ada. Itulah prinsip yang dipakai pada autoclave sehingga dapat mensterilkan alat-alat.

Jika sedang mencari alat sterilisasi bisa memilih distributor resmi yang jual autoclave bekas hal ini karena distributor resmi akan memberikan autoclave yang masih bagus. Jangan memilih yang jual autoclave bekas dari bukan distributor resmi karena kualitas tidak sebaik agen resmi. Untuk dana atau budget terbatas tentu memilih autoclave bekas namun masih berkualitas baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *