Budidaya Buah Durian Teknologi NASA

By | Juni 3, 2017

Budidaya Buah Durian akan lebih mudah jika kita mengetahui syarat tumbuh tanamannya. misalnya tanaman durian. Tanaman durian akan tumbuh baik di ketinggian 50-600 mdpl, dengan intensitas cahaya 40-50 %. Suhu lingkungan yang baik untuk tanaman surian yaitu 22-30 derajat Celcius, curah hujan ideal 1.500-2.500 mm per-tahun. Cocok ditanam di tanah lempung berpasir subur dan banyak kandungan bahan organik, dan pH 6 – 7.

Cara Budidaya Durian

Penanaman

Penanaman dilakukan pada awal musim hujan. Ambil bibit durian dan buka plastik pembungkus tanah dengan hati-hati. Bibit ditanam pada lahan sampai leher akar tanpa diikutkan batangnya. Disiram air secukupnya setelah selesai tanam. Tambahkan SUPERNASA dengan dosis 1 botol untuk 200 tanaman. Cara aplikasinya, 1 botol SUPERNASA diencerkan ke dalam 2 liter (2000 ml) air dijadikan larutan induk. Setiap 10 ml larutan induk dicampur dengan 1 liter air untuk disiramkan ke setiap pohon atau siramkan SUPERNASA 1 sendok makan per 10 liter air per pohon.

Perawatan Tanaman Durian

Penyiraman

Penyiraman dilakukan pada pagi hari, sejak awal penanaman hingga tanaman berbuah. Pada fase berbunga, penyiraman dikurangi.

Pemangkasan

Tunas-tunas air, cabang atau ranting yang mati atau terserang hama sebaiknya dipangaks dan dibuang. Ketika tanaman mencapai ketinggian 4-5 m, pucuk tanaman dipangkas.

Pemupukan

UMUR (HARI) PUKAN (KG/PH) NPK (KG/PH) FREKWENSI PER-TAHUN
1 – 3 30 – 50 0,5 – 1,0 3 – 4
4 – 6 75 – 150 1,5 – 2,5 2 – 3
15 – 10 200 – 300 3,0 – 5,0 1 – 2

 

Siramkan pupuk organik SUPERNASA (0-3 thn) dan POWER NUTRITION (diatas 3 thn) dengan cara sesuai di atas. Semprotkan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki tiap 1-2 bulan selama masih bisa dijangkau alat semprot.

Agar Durian Berbuah Di Luar Musim

Caranya mengatur pembungaan di setiap pohon durian per blok. Sebagai contoh, jika panen diinginkan bulan Agustus – November, sebaiknya sekitar bulan Maret tanaman pada blok diberi pupuk NPK sebanyak 1,5-2 kg ditambah 1 sendok makan POWER NUTRITION per 10 liter air per pohon. Ditambah POC NASA 3-4 tutup ditambah 1 tutup HORMONIK per tangki. Disemprot setiap 7-10 hari sekali sebanyak 3-4 kali.

Sekitar 3 bulan sebelumnya, lahan penanaman harus dikeringkan. Jika saat pengeringan turun hujan, tanah di sekitar lahan dalam radius 5-7 meter diberi mulsa dan saluran pembuangan air. Dua bulan setelah bunga mekar, setiap tanaman diberi NPK sebanyak 0,5–1 kg pupuk. Setelah terbentuk buah, dilakukan penyiraman POWER NUTRITION lagi (1 botol untuk 30-50 pohon).

Penyerbukan

Tidak semua bunga yang mekar akan menjadi buah durian. Karena bunga mekar pada sore hingga malam hari, dimana pada waktu itu serangga penyerbuk tidak berjumlah banyak. Oleh karena itu perlu dilakukan penyerbukan buatan, dengan cara menyapukan kuas halus pada bunga mekar pada malam hari. Agar kualitas dan kuantitas buah durian maksimal, disarankan untuk menanam berbagai jenis varietas dalam satu areal penanaman.

Uraian di atas merupakan penjelasan singkat mengenai cara budidaya durian. Semoga artikel mengenai Cara Budidaya Buah Durian Teknologi NASA dengan mudah dan lengkap dapat menjadi panduan bagi Anda yang sedang melakukan budidaya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *