Beternak Ayam Petarung Berkualitas

By | April 4, 2017

Hewan peliharaan tak lagi hanya menjadi hiasan belaka. Beberapa hewan peliharaan digunakan oleh pemiliknya sebagai subyek kompetisi. Banyak jenis hewan yang digunakan untuk diperlombakan, baik secara fisik maupun kemampuan. Hewan yang sudah sering dijadikan diperlombakan sejak dulu adalah ayam. Ayam petarung terutama menjadi ayam favorit menjadi ayam aduan. Ketahanan fisik yang tinggi serta penampilan fisik yang mendukung menjadikan ayam jenis ini menjadi favorit. Untuk mendapat ayam petarung atau yang biasa disebut ayam bangkok ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Memilih bibit unggul. Untuk mendapatkan bibit berkualitas, diperlukan indukan berkualitas pula. Untuk mencari indukan berkualitas, pilihlah dari ayam yang sudah memenangkan perlombaan. Indukan ayam petarung yang pernah memenangkan perlombaan akan berpotensi menghasilkan bibit unggulan. Harga indukan ayam yang sudah pernah memenangkan pertarungan memang sedikit lebih mahal, namun ayam yang sudah memenangkan perlombaan dijamin akan menghasilkan bibit ayam ternak berkualitas.

2. Selanjutnya adalah pakan. Menyiapkan pakan yang berkualitas juga menjadi langkah penting mengembang biakkan ayam Bangkok atau petarung ini. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan usianya. Memberikan pakan yang berkualitas akan membuat ayam tetap sehat. Ayam Bangkok yang sehat adalah salah satu ciri ayam yang berkualitas. Oleh karena itu, dengan menjaga kualitas makanan ayam, makan kualitas ayam Bangkok juga dijamin.

3. Memperhatikan kandang. Kandang adalah salah kunci sukses dalam mengembang biakkan ayam Bangkok. Bentuk kandang bisa dibuat petakan dengan tenggeran di dalamnya. Selain itu, perhatikan pula kebersihan kandangnya.

Beternak ayam petarung memang bukanlah hal yang bisa dibilang mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas ayam Bangkok. Yang paling penting, untuk mendapatkan ayam Bangkok yang berkualitas berawal dari bibit yang unggul pula. Selanjutnya, faktor eksternal seperti kandang dan makanan juga mempengaruhi kualitas ayam Bangkok. Jika sudah mendapatkan bibit yang berkualitas, akan menjadi sia-sia jika tidak memberikan asupan nutrisi yang berkualitas pula. Lingkungan yang baik dan berkualitas juga turut menjadi penentu kualitas ayam Bangkok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *