Keunggulan Dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A3 (2016)

By | Desember 20, 2016

Samsung Galaxy A3 (2016) merupakan generasi penerus dari Samsung Galaxy A3 yang dirilis 2014 lalu. Tampilan Samsung Galaxy A3 (2016) ini lebih premium dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Yang unik dari versi baru ini adalah penggunaan metal sebagai bahan frame dan backcover berbahan glass menjadikan Samsung Galaxy A3 (2016) tampil premium.

Pada Samsung Galaxy A3 (2016) ada perbaikan spesifikasi mendasar antara lain penggunan layar Super AMOLED 4,7 inci dengan resolusi HD. Untuk melancarkan operasinya Samsung Galaxy A3 dilengkapi RAM 1,5 GB dan CPU Snapdragon 410. Ini tentu menjadi jaminan mutu soal stabilitas dan kelancaran operasi-operasi pada smartphone terutama pada operasi multitasking. Yang paling menarik adalah pada kamera yang dipasang. Untuk kamera utama Samsung Galaxy A3 (2016) memasang kamera berukuran 13 MP yang tentunya akan sangat mendukung pemerolehan gambar-gambar maupun video dengan kualitas terbaik. Sementara itu para penyuka selfie akan dimanjakan dengan kamera depan berukuran 5 MP. Seluruh operasi pada smartphone ini didukung oleh baterai dengan kapasitas 2300 mAh yang menjamin pemakaian berjam-jam tanpa perlu cepat-cepat charger ulang.

galaxy-a3

Untuk spesifikasi lengkapnya berikut ini akan ditampilkan spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2016).

Kelebihan Samsung Galaxy A3 (2016)

• Yang pertama adalah dari desain luar. Samsung Galaxy A3 (2016) memiliki desain premium berbahan metal dan glass seperti pada flagship samsung Galaxy S series

• Untuk menampilkan seluruh operasi smartphone ini, Samsung menggunakan layar Super AMOLED 4,7 inci beresolusi HD. Dengan layar ini pengguna akan disuguhi tampilan warna yang jernih, tajam dan lebih realistis sehingag memberi kenyaman untuk aktivtias-aktivitas seperti streaming video ataupun untuk tujuan gaming.

• Dual-Sim standby juga diberikan oleh Samsung yang bisa diaktifkan secara bersamaan. Ada banyak konsumen smartphone yang menuntut fiture ini dengan tujuan yang berbeda-beda tentunya. Yang jelas, dengan adanya dual-sim pengguna bisa menghubungi lebih banyak orang dari satu smartphone.

• Untuk mendapatkan akses internet secara optimal smartphone ini juga mampu mendukung jaringan 4G LTE. Pokoknya internetan akan dijamin lancar, satu-satunya kendala mungkin kondisi sinyal di suatu area dan tentu saja ini tidak ada hubungannya dengan performa smartphone itu sendiri.

• Kapasitas penyimpanan internal cukup besar yakni 16 GB. Dengan kapasitas ini pengguna bisa menyimpan file-file besar seperti film ataupun program game ke dalam smartphone tanpa mengganggu performa

• Seperti disampaikan di atas, Kamera HP Samsung Galaxy A3 (2016) dilengkapi dengan kamera utama ukuran 13 MP. Namun bukan sekadar itu saja, untuk menghasilkan gambar-gambar dan video-video terbaik smartphone ini juga dilengkapi fitur autofocus, LED flash dan optical image stabilization sehigga secara keseluruhan kamera utama smartphone ini bisa melakukan perekaman video full HD 1080@30fps.

• Aktivitas selfie dengan ataupun tanpa tongsis akan terasa lebih nyaman jika kamera depan memiliki kapasitas yang cukup besar. Memahami hal tersebut, Samsung Galaxy A3 (2016) meresponnya dengan memasang kamera depan berukuran 5 MP. Kualitas hasilnya jelas tidak memalukan untuk dipajang dimedia sosial.

• Kapasitas baterai 2300 mAh mampu menghidupkan smartphone ini dalam kondisi operasi game ataupun streaming selama berjam-jam.

Kelemahan Samsung Galaxy A3 (2016)

Setelah memaparkan kelebihan-kelebihan di atas tentu ada beberapa kelemahan yang patut pula diperhatikan. Di sini akan disebutkan beberapa kelemahan yang sebenarnya bersifat subyektif. Artinya, tidak semua kelemahan yang disebutkan di sini dianggap sebagai kelemahan oleh semua orang, bahkan ada yang menganggapnya sebagai kelebihan.

• Yang pertama adalah smartphone ini tidak dilengkapi dengan pelindung layar semacam Gorilla Glass. Awalnya memang sebagian besar pengguna ponsel atau smartphone tidak menganggap screen guard ini sebagai sesuatu yang urgen karena produsen sendiri sudah merancang produknya untuk bisa dipakai secara normal tanpa mengalami cacat. Layar smartphone itu sendiri sebenarnya mampu menahan goresan pada ukuran tertentu yang jika ukuran ini dilewati maka bahkan layar pelindungpun akan tergores dan menembus bagian layar. Namun seiring dengan bermunculannya produk-produk touch screen pemberian screen guard menjadi ladang bisnis tersendiri. Jadi, jika pengguna menginginkannya pada layar Samsung Galaxy A3 (2016) pelindung layar bisa dipasang sendiri.

• Beberapa pengguna expert menyayangkan ukuran RAM smartphone ini yang hanya berukuran 1,5 GB. Mereka terutama dari kalangan gamers. Namun, sebenarnya memang smartphone tidak dirancang secara khusus bagi penggemar game berat. Yang jelas, untuk game-game dengan kapasitas sedang dan streaming video atau berinternet, Samsung Galaxy A3 (2016) bisa bekerja lebih dari sekadar cukup.

• Di samping ukuran RAM, yang menjadi kritik adalah penggunaan CPU Snapdragon 410. Beberapa kalangan menganggap CPU ini kurang bertenaga sehingga ketika dilakukan multitasking yang terlalu kompleks performanya sedikit menurun. Namun demikian, menurut pengalaman penggunanya kendala semacam ini belum pernah terjadi. Jadi sepertinya tidak bermasalah.

• Kendala lain dari Samsung Galaxy A3 (2016) adalah posisi slot Sim 2 menyatu dengan slot memori card. Bagi mereka yang ingin menambahkan memori eksternal tentu tidak terasa nyaman jika harus mencopot sim 2. Tapi sepertinya juga tidak demikian yang dirasakan oleh sebagian besar pengguna lain. Selain memori internalnya sudah besar, dengan kapasitas RAM dan CPU Snapdragon 410 yang dipakai penggunaan memori card rasanya agak mubazir.

• Yang terakhir adalah baterai non-removable pada Samsung Galaxy A3 (2016). Sebenarnya ini bukan sesuatu yang dibuat untuk menyusahkan pemakai. Kenyataannya, produk-produk ponsel, smartphone ataupun notebook terbaru juga mulai beralih ke baterai non-removable. Menurut riset justru baterai non removable lebih awet dibandingkan dengan baterai removable.

Demikian tadi ulasan tentang Spesifikasi HP Samsung Galaxy A3 (2016) yang meliputi spesifikasi, kelebihan dan kelemahannya. Tampilan Samsung Galaxy A3 (2016) yang elegan seperti flagship Samsung S series berpadu dengan spesifikasi yang boleh dibilang cukup stabil untuk menjalankan operasi-operasi yang umum digunakan pada sebuah smartphone. Mudah-mudahan apa yang disampaikan di sini bisa memberi referensi tambahan bagi para penggemar smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *